Archive for the ‘ Lesbian Life ’ Category

Gay/Lesbian Parenting

Gay/Lesbian Parenting

 

Beberapa minggu terakhir ini, Forum LGBT Indonesia dihangatkan dengan isu legalitas adopsi di Indonesia. Namun, artikel LGBT Indonesia kali ini tidak membahas tentang legalitas adopsi, melainkan aspek pengasuhan anak oleh pasangan homoseksual.

Bagaimana menurut teman-teman semua? Apakah baik bagi seorang anak bila dia dibesarkan oleh pasangan Gay atau Lesbian?

Sebuah riset dilakukan oleh Abbie Goldberg, seorang psikolog di Clark University di Massachusetts untuk mempelajari lebih dalam tentang isu gay/lesbian parenting ini.

Dalam riset tersebut dikatakan bahwa secara rata-rata, orangtua homoseksual memiliki komitmen yang lebih bila dibandingkan dengan orangtua heteroseksual. Hal ini terutama disebabkan karena memiliki anak bagi pasangan homoseksual adalah inisiatif dan keputusan mereka sendiri. Lesbian dan Gay tentunya sangat jarang menjadi orangtua karena “kecelakaan”.

Riset lain juga menyebutkan bahwa anak-anak yang dibesarkan oleh orangtua Gay dan Lesbian tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam prestasi, kejiwaan dan hubungan antar manusia, namun anak-anak tersebut memiliki pikiran yang jauh lebih terbuka, lebih bertoleransi.

Pada tahun 2010, Judith Stacey (New York University) dan Tim Biblarz (University of Southern California) mengambil sebuah kesimpulan yang diambil dari banyak penelitian-penelitian mengenai Parenting, bahwa tidak ada perbedaan antara anak yang dibesarkan oleh orangtua heteroseksual dengan orangtua lesbian. Namun mereka tidak dapat menarik kesimpulan tentang anak-anak yang dibesarkan oleh orangtua gay, karena jumlah riset yang masih terbatas. Meskipun demikian, Judith Stacey berpendapat bahwa seharusnya gay adalah orangtua yang lebih baik dibandingkan dengan heteroseksual dan lesbian. Hal ini dikarenakan tingkat kesulitan yang lebih tinggi bagi mereka untuk bisa memiliki anak, sehingga mereka yang akhirnya memiliki anak, akan memiliki komitmen yang lebih dalam membesarkan anak mereka.

Jadi bagaimana teman-teman? Apakah kalian ingin mengadopsi anak? Riset sudah membuktikan bahwa ternyata kita bisa menjadi orangtua yang bahkan lebih baik daripada orangtua heteroseksual.

Kalaupun ada hal lain yang menjadi harus kita pertimbangkan dalam hal tumbuh kembang anak, menurut Brian Powell, sosiolog asal Amerika, hal tersebut adalah pandangan dan perlakuan masyarakat terhadap keluarga kita.

Keluarga homoseksual masih sangat jarang ditemui di Indonesia, sehingga masyarakat belum tentu terbiasa dengan keberadaannya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, dengan perjuangan dari masyarakat, LSM dan aktifis LGBT di Indonesia, kami yakin keluarga homoseksual akan bisa terwujud di masa depan.

Tetap semangat dan berjuang untuk hidup yang lebih baik!

 

(Z)

Salam,

Sumber: Huffington Post

It Gets Better Project

IT GETS BETTER PROJECT

It Gets Better Project adalah proyek yang diprakarsai oleh Dan Savage sebagai respon atas meninggalnya seorang remaja bernama Billy Lucas dan beberapa remaja LGBT lain karena bunuh diri akibat perlakuan yang buruk yang mereka alami dikehidupan sehari-hari.

Dan Savage dan pasangannya Terry Miller kemudian membuat sebuah video pada tanggal 21 September 2010, 12 hari setelah meningalnya Billy Lucas dan memuat video tersebut di situs . Pesan yang ingin disampaikan olen Dan Savage yaitu edukasi kepada masyarakat dan dunia bahwa menjadi seseorang dengan orientasi seksual berbeda bukanlah sesuatu yang salah, dan memperlakukan mereka dengan tidak sebagaimana mestinya, seperti diperlakukan kasar, di hina, di caci maki dan berbagai macam perlakuan tidak pantas kepada mereka hanya akan membuat kehidupan mereka semakin tertekan dan akhirnya menyebabkan depresi, dan remaja-remaja ini dapat melakukan hal yang tidak semestinya mereka lakukan bahkan sampai bunuh diri.

Selain itu, Dan Savage juga ingin memberi tahu kepada Billy Lucas dan remaja-remaja yang meninggal karena bunuh diri akibat perlakuan buruk yang mereka terima, bahwa kematian mereka tidaklah sia-sia, tetapi dari sini kita akan sama-sama berjuang, melakukan sesuatu yang kita bisa lakukan untuk mengurangi perlakuan buruk kepada remaja LGBT di lingkungan mereka dan mengatakan bahwa “It Gets Better

Proyek ini berkembang pesat sejak video pertama dimuat di . Dalam minggu pertama, lebih dari 200 video telah diupload, dan terus bertambah setiap harinya. Dalam waktu 2 bulan, proyek ini menjadi proyek mendunia yang menginspirasikan lebih dari 10.000 pengunggah video dan dilihat lebih dari 35 juta orang. Bahkan berbagai kalangan seperti selebriti, organisasi-organisasi, politisi, aktifis, dan berbagai profesi termasuk Presiden Barack Obama, Sekretaris Negara Hillary Clinton, Rep. Nancy Pelosi, Adam Lambert, Anne Hathaway, Colin Farrell, Matthew Morrison “Glee”, Joe Jonas, Joel Madden, Ke$ha, Sarah Silverman, Tim Gunn, Ellen DeGeneres, Suze Orman, the staffs of The Gap, Google, Facebook, Pixar, the Broadway community, dan banyak lagi. Mereka menyatakan dukungannya dan menyampaikan pesan bahwa setiap orang, siapapun itu, berhak mendapatkan perlakuan yang layak, merasa aman diamanapun mereka berada, dan memiliki hak untuk mengejar kebahagiaannya dan mengembangkan apa yang menjadi kelebihan mereka tanpa menjadikan orientasi seksual mereka sebagai halangan.

Saat ini, It Gets Better sudah memiliki website resmi yaitu www.itgetsbetter.org yang berisikan informasi dan lebih dari 22.000 orang dari seluruh orientasi seksual yang  memiliki misi yang sama. Membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, dan menyuarakan bahwa “It Gets Better

Berikut adalah Video mengenai It Gets Better Project

Dan ini adalah Video dukungan yang disampaikan oleh Presiden Amerika Serikan, Barack Obama tentang proyek ini.

LGBT Indonesia dan member-member nya memberikan dukungan penuh terhadap proyek ini dan menyampaikan cerita kami disalah satu thread disini : Thread – It Gets Better Project on LGBT Indonesia

Setiap manusia adalah SAMA. Mereka harus diperlakukan dengan sama.

Mari kawan, mungkin kita mengalami perlakuan yang buruk oleh orang-orang disekitar kita mengenai orientasi seksual kita. Kita dikerjai, dipanggil dengan sebutan-sebutan yang tidak pantas, di lecehkan, didorong dan diancam, direndahkan dan dipandang dengan hina, dan banyak hal yang seharusnya tidak kita alami. Satu hal, jangan melakukan hal-hal yang bodoh yang hanya akan merugikan diri kita sendiri. Perjalanan kita masih jauh dan dunia masih terlalu luas untuk kita taklukkan. Percaya, bahwa begitu banyak orang diluar sana yang juga mengalami hal yang kita alami saat ini. Tetapi itu tidak membuat mereka menyerah, melainkan memberikan kekuatan yang baru untuk berkarya dan tidak menjadikan orientasi seksual kita yang berbeda sebagai suatu halangan. Sadari, melebihi orang-orang yang menyakiti kita, ada begitu banyak orang-orang disekeliling kita yang mencintai kita apa adanya. Menerima diri kita sebagaimana seharusnya, dan mengerti bahwa setiap orang didunia ini dilahirkan dengan sempurna, tanpa suatu kesalahan pun.

Buka website It Gets Better, lihat setiap video yang di muat disana. Hal ini membuat kita dapat belajar dari setiap pengalaman yang disampaikan, dan membuat kita tahu bahwa kita tidak sendiri. Ada beribu-ribu dukungan yang kita terima, untuk membuat dunia menjadi lebih baik.

Kita percaya bahwa apa yang kita lakukan disini adalah Benar, dan kita ingin menyampaikan berita ini dengan cara yang benar pula. Untuk memberitahukan kepada dunia bahwa “It Gets Better”. (Art)

Salam