10 Perusaaan Besar Yang Mendukung

Perjuangan Lesbian Gay Biseksual Transgender (LGBT)

 

 

Perjuangan membela hak Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender dan Queer/Questioning adalah sebuah perjuangan diplomatik. Kita berjuang untuk persamaan hak dan menentang diskriminasi dan menghapus stigma negatif atas LGBT. Oleh karena itu, sekutu diplomatik yang kuat adalah faktor penting dalam keberhasilan perjuangan LGBT di seluruh dunia.

 

Dalam artikel kali ini, saya membahas 10 perusahaan yang merupakan sekutu perjuangan LGBT. Mereka adalah perusahaan yang telah menyumbangkan dana dan tenaga untuk persamaan hak LGBT, mereka ikut memperjuangkan hidup yang lebih baik untuk LGBT. Tanpa mereka, mungkin kita tidak akan mencapai level penerimaan seperti yang sekarang kita rasakan. :)

 

1.    LEVI’S

Levi’s merupakan pendukung gerakan anti Prop 8 (hukum yang melarang pernikahan sesame jenis di Amerika Serikat) dan gerakan White Knot (gerakan membela hak menikah LGBdi USA). Levi’s juga adalah perusahaan pertama yang terdaftar di Fortunes 500 yang memberikan tunjangan kesehatan kepada pasangan dari karyawan LGBTnya.

 

2.   ELECTRONIC ARTS

  

Electronic Arts adalah perusahaan game pertama yang ikut berpartisipasi dalam It Gets Better Project. Dalam beberapa game yang mereka rilis, mereka menyediakan opsi untuk pasangan homoseksual. Mereka menerima protes dari beberapa kelompok masyarakat anti-gay, namun menegaskan bahwa mereka tidak akan menyerah kepada kelompok anti-gay.

 

3.   NIKE

Nike telah menyatakan bahwa mereka mendukung persamaan hak LGBTdengan mendukung Referendum 71 di Washington yang memberikan hak kepada komunitas LGBTuntuk bisa memiliki domestic partnership. Perusahaan ini juga sangat terbuka kepada komunitas LGBT yang sempat memberikan kritik atas salah satu iklan mereka yang memiliki kesan anti-gay.

 

4.   MICROSOFT

Sebelumnya Microsoft sempat menerima kritik dari komunitas LGBT, namun saat ini mereka telah memperjelas posisi mereka dalam perjuangan LGBT dengan menyumbangkan 100.000 USD untuk mendukung Referendum 71 di Washington. Para eksekutif Microsoft juga menunjukkan dukungan mereka secara pribadi dengan memberikan bantuan tambahan dari uang mereka pribadi.

 

5.   AMERICAN AIRLINES

American Airlines memiliki “Rainbow Team” sebagai salah satu divisi penjualan yang didedikasikan untuk LGBT. Tidak hanya itu, mereka juga mengadakan event skala nasional dengan tema LGBTdan juga seringkali berpartisipasi dalam parade “Gay Pride”.

 

6.   APPLE

  

Apple dengan lantang menyuarakan dukungannya kepada Pernikahan Homoseksual dan menentang Proposition 8 di Amerika Serikat. Mereka mendonasikan 100,000 USD kepada kampanye Anti Proposition 8. Sama dengan Levi;s mereka juga memberikan tunjangan kepada pasangan homoseksual karyawan mereka.

 

7.   GOOGLE

 

Google bukanlah perusahaan yang banyak berkomentar tentang isu social, namun dengan sangat mengejutkan, mereka menyuarakan kampanye anti Preposition 8 di Amerika Serikat dan menyebutnya sebagai diskriminasi dan mengerikan. Para pendiri Google memberikan donasi sebesar 140,000 USD kepada kampanye Anti Proposition 8.

 

8.   STARBUCKS

 

Starbucks sudah lama dikenal sebagai pendukung komunitas LGBT. Pada tahun 2005 mereka menyebarkan pesan pro LGBT di gelas kopi mereka. Sebuah grup didirikan untuk memboikot Starbucks dan mencoba menghentikan langkah Starbucks dalam membela hak LGBT, namun mereka tidak berhasil karena jumlah pendukung Starbucks mencapai 10 kali lipat dari para pemboikot.

 

9.   BOEING

Perusahaan manufaktur Pesawat ini menunjukkan dukungan mereka kepada perjuangan persamaan hak Lesbian, Gay, Transgender, Biseksual, dan Queer/Questioning, dengan mendukung Referendum 71 pada tahun 2009.

 

10.  IBM

IBM telah menciptakan lingkungan kerja yang yang sehat bagi karyawannya dengan memberikan tunjangan kepada pasangan homoseksual karyawan mereka. Mereka juga memiliki peraturan perusahaan yang jelas menentang diskriminasi terhadap LGBT. Human Rights Campaign memberikan rating 100% kepada IBM sebagai perusahaan yang “Gay Friendly” sejak 2003. IBM juga memenangkan lebih dari 40 Penghargaan LGBT dari seluruh dunia.

(Z)


Salam,
 
Sumber: Queeried  dan berbagai sumber lain.