Mom… Dad… I Have A Secret

 

Anak saya datang kepada saya malam kemarin dan mengatakan bahwa dia Gay.

Kalau anda adalah orang tua yang juga mengalami hal diatas, ada baiknya untuk meluangkan waktu beberapa menit saja untuk membaca tulisan ini.


Memang tidak mudah untuk menerima jika anak kita adalah seorang Gay, atau Lesbian, atau Transgender.  Saya mengerti banyak sekali hal yang membebani pikiran anda saat ini. Walaupun mungkin anda sudah menyadari adanya perbedaan pada anak anda sejak dia kecil. Bagaimana tidak, anda sendiri yang membesarkan dia dengan kedua tangan anda, hanya saja ketika dia mengatakan bahwa dia gay, rasanya ini terlalu cepat, atau tidak seharusnya.


Karena rasa sayang anda kepada anak anda, saya tahu bahwa pasti begitu banyak perasaan yang bergejolak dalam diri dan pikiran anda saat ini. Anda kuatir mengenai perkembangan jiwa anak anda, atau mungkin anda merasa marah karena tahu bahwa anak anda kedepannya akan mengalami masa-masa yang berat, mengalami diskriminasi, dikucilkan oleh masyarakat, dll. Atau mungkin anda marah karena merasa gagal sebagai orang tua yang seharusnya membesarkan mereka dengan baik tetapi mereka menjadi seseorang yang bahkan anda tidak pernah pikirkan sebelumnya.


Tapi sekarang coba kesampingkan apa yang menjadi pikiran dan perasaan anda, mari kita beralih kepada bagaimana perasaan yang anak anda. Karena percayalah, bukan hal yang mudah bagi seorang anak untuk bisa membuka diri kepada orang tua mereka, terlebih untuk orientasi seksual mereka.


Kenapa anak anda mengatakan bahwa dia memiliki orientasi seksual yang berbeda kepada anda? Tidak lain dan tidak bukan karena mereka merasa nyaman dan merasa dekat dengan anda. Orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan seorang anak, dan itu sebabnya mereka mengatakan hal ini kepada anda. Kalau saat ini saya berada dipihak anda, saya akan merasa sangat tersanjung karena anak saya berani mempercayakan sesuatu yang sangat besar di dalam dirinya untuk saya ketahui selain bagaimana mereka juga merasa sangat terhormat bisa mengatakan hal ini kepada anda. Bukankah  itulah peran orang tua yang sesungguhnya ?  Dan perlu diingat adalah bagaimana tindakan anda setelah dia mengatakan hal ini adalah sesuatu yang akan dia kenang sepanjang hidup dia kedepannya dan menjadi catatan seperti apa gambaran orang tua di mata dia.


Lebih  dari segala tindakan, pertanyaan yang menyudutkan, dan kemarahan-kemarahan yang tidak diperlukan, sebenarnya anak anda hanya ingin mendengar kalimat ini keluar dari mulut orang tua nya yaitu “Apapun itu, rasa sayang mama/papa tidak akan pernah berubah..” , itu adalah tanggapan yang paling penting yang bisa anda ucapkan, karena pada saat anak anda mengatakan hal ini kepada anda, mereka tidak menuntut anda untuk menerima, atau mungkin tidak menuntut anda untuk mengerti  mereka, tetapi yang mereka ingin tahu bahwa anda mencintai mereka apa adanya sama seperti yang selama ini anda telah lakukan.


Perlu diingat bahwa tidak ada yang berubah dari anak anda, mereka tetap anak yang sama yang anda sayangi. Satu-satunya yang berubah adalah bahwa anda mengetahui hal lain dari diri anak anda yang mungkin selama ini dia rahasiakan dari anda. Dan sebagai orang tua, ini merupakan nilai plus ,bagaimana anak anda mau memberitahu apa yang terdapat dalam perasaan mereka kepada anda. Kondisi ini seharusnya merupakan suatu kesempatan yang baik bagi anda untuk bisa lebih mendukung dia, lebih jujur kepada dia, dan lebih dekat lagi satu sama lain.


Seorang ibu yang mengetahui anaknya seorang gay pernah mengatakan kepada saya bahwa

 “saat anak saya mengatakan bahwa dia memiliki orientasi seksual yang berbeda, saat itulah, sebagai orang tua, adalah saat dimana saya dapat memberikan perlindungan yang lebih kepada anak saya, memeluk dia lebih erat dari biasanya, mencium dia, dan menunjukkan rasa sayang saya kepada dia, karena saya tahu bahwa saat inilah saya bisa menunjukkan dukungan saya yang lebih lagi kepada anak saya”


Yah, memang benar bahwa hidup sebagai seorang homoseksual terlebih di  Indonesia bukanlah sesuatu yang mudah,  dan anak anda harus kuat dalam menjalani hal ini, tetapi perlu diingat bahwa dengan anda berada disamping mereka, mereka akan jauh lebih kuat menghadapi setiap jalan di depan mereka.

 

 

Regards
LGBT Indonesia Team